Senin, tepatnya pada tanggal 28 mei
2012, saya mulai membuat survey online yang berupa pertanyaan-pertanyaan yang
berbentuk kuesioner, dan saya membatasi jumlah responden sebanyak 50. Survey saya berakhir pada tanggal 30 mei 2012 karena sudah mencapai batas responden. Judul dari survey saya adalah “Responsibilitas mahasiswa
terhadap mata kuliah Psikologi Pendidikan”. Saya mengambil judul tersebut
karena saya ingin mengetahui respon mahasiswa Psikologi USU 2011 terhadap mata
kuliah Psikologi Pendidikan.
v Tujuan
Survey
Survey
ini saya lakukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Psikologi Pendidikan dan saya
ingin mengetagui atau mengukur tingkat responsibilitas mahasiswa Psikologi USU
2011 terhadap mata kuliah Psikologi Pendidikan.
v Pertanyaan
Survey
Adapun
beberapa pertanyaan yang saya ajukan dalam kuesioner , yaitu :
· 3 buah pertanyaan tentang data diri
dari responden, yaitu Nama, NIM, dan Usia.
· 6 pertanyaan yang berhubungan dengan
respon dari mahasiswa terhadap mata kuliah Psikologi Pendidikan, yang
membutuhkan jawaban antara bosan, biasa
saja,dan senang, yang terdiri
dari :
1. Bagaimanakah anda saat perkuliahan lewat
dari waktu yang sudah dijadwalkan?
2. Apa yang akan anda rasakan saat dosen
memberitahu bahwa minggu ini kuliah Psikologi Pendidikan ditiadakan?
3.
Apa
yang anda rasakan pada 30 menit akhir perkuliahan?
4.
Bagaimanakah
anda ditugaskan untuk diskusi kelompok?
5. Bagaimana perasaan anda saat melakukan
perkuliahan secara online?
6.
Apa
yang anda rasakan ketika ditugaskan untuk membuat kuesioner online ini?
v Hasil Survey
Pertanyaan ke-1 :
Bagaimanakah
anda saat perkuliahan lewat dari waktu yang sudah dijadwalkan?
Respon
|
Bosan
|
Biasa saja
|
Senang
|
Responses
|
Total
|
Persentase
|
66.00%
|
32.00%
|
2.00%
|
50
|
100%
|
Pertanyaan
ke-2 :
Apa
yang akan anda rasakan saat dosen memberitahu bahwa minggu ini kuliah Psikologi
Pendidikan ditiadakan?
Respon
|
Bosan
|
Biasa saja
|
Senang
|
Responses
|
Total
|
Persentase
|
3.92%
|
50.98%
|
45.10%
|
50
|
100%
|
Pertanyaan
ke-3 :
Apa
yang anda rasakan pada 30 menit akhir perkuliahan?
Respon
|
Bosan
|
Biasa Saja
|
Senang
|
Responses
|
Total
|
Persentase
|
27.45%
|
47.06%
|
25.49%
|
50
|
100%
|
Pertanyaan
ke-4 :
Bagaimanakah
anda ditugaskan untuk diskusi kelompok?
Respon
|
Bosan
|
Biasa Saja
|
Senang
|
Responses
|
Total
|
Persentase
|
6.00%
|
62.00%
|
32.00%
|
50
|
100%
|
Pertanyaan
ke-5 :
Bagaimana
perasaan anda saat melakukan perkuliahan secara online?
Respon
|
Bosan
|
Biasa Saja
|
Senang
|
Responses
|
Total
|
Persentase
|
9.80%
|
56.86%
|
33.33%
|
50
|
100%
|
Pertanyaan
ke-6 :
Apa
yang anda rasakan ketika ditugaskan untuk membuat kuesioner online ini?
Respon
|
Bosan
|
Biasa Saja
|
Senang
|
Responses
|
Total
|
Persentase
|
4.00%
|
52.00%
|
44.00%
|
50
|
100%
|
v Kesimpulan
Dari Survey yang telah saya lakukan,
saya mendapatkan beberapa kesimpulan bahwa :
1.
Tingkat responsibilitas mahasiswa
Psikologi USU 2011 terhadap ketepatan waktu perkuliahan dalam mata kuliah
Psikologi Pendidikan sangat tinggi. Hal ini dapat kita lihat dari respon
mahasiswa pada pertanyaan ke-1, yang menunjukkan bahwa mereka sangat kritis
dalam merespon ketepatan waktu tersebut.
2.
Tingkat responsibilitas mahasiswa
Psikologi USU 2011 terhadap proses perkuliahan dalam mata kuliah Psikologi
Pendidikan tinggi. Hal ini juga dapat kita buktikan berdasarkan hasil survey,
yaitu respon mahasiswa pada pertanyaan ke-3, ke-4, ke-5, dan ke-6, kebanyakan
memilih pilihan biasa saja atau senang.
3.
Tingkat responsibilitas mahasiswa
Psikologi USU 2011 terhadap mata kuliah Psikologi Pendidikan dapat
dikategorikan tinggi. Karena banyak mahasiswa yang masih memiliki respon
positif yang tinggi yang mengarah pada perkuliahan yang lebih baik.
v Testimoni
Saya senang ditugaskan untuk membuat
survey ini, karena saya mendapatkan hal yang baru yang bermanfaat buat saya. Apalagi
kedepannya, saya sebagai mahasiswa Psikologi akan lebih banyak membuat survey. Jadi
kegiatan ini sangat bermanfaat buat saya.
MUHAMMAD HABIBIE ALMY
(11-004)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar