Selasa, 05 Juni 2012

Survey :"Tingkat Responsibilitas Mahasiswa Psikologi USU 2011 terhadap Mata Kuliah Psikologi Pendidikan"


Senin, tepatnya pada tanggal 28 mei 2012, saya mulai membuat survey online yang berupa pertanyaan-pertanyaan yang berbentuk kuesioner, dan saya membatasi jumlah responden sebanyak 50. Survey saya berakhir pada tanggal 30 mei 2012 karena sudah mencapai batas responden. Judul dari survey saya adalah “Responsibilitas mahasiswa terhadap mata kuliah Psikologi Pendidikan”. Saya mengambil judul tersebut karena saya ingin mengetahui respon mahasiswa Psikologi USU 2011 terhadap mata kuliah Psikologi Pendidikan.

v Tujuan Survey
Survey ini saya lakukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Psikologi Pendidikan dan saya ingin mengetagui atau mengukur tingkat responsibilitas mahasiswa Psikologi USU 2011 terhadap mata kuliah Psikologi Pendidikan.

v Pertanyaan Survey
Adapun beberapa pertanyaan yang saya ajukan dalam kuesioner , yaitu :
·       3 buah pertanyaan tentang data diri dari responden, yaitu Nama, NIM, dan Usia.
·       6 pertanyaan yang berhubungan dengan respon dari mahasiswa terhadap mata kuliah Psikologi Pendidikan, yang membutuhkan jawaban antara bosan, biasa saja,dan senang, yang terdiri dari :
1.    Bagaimanakah anda saat perkuliahan lewat dari waktu yang sudah dijadwalkan?
2.    Apa yang akan anda rasakan saat dosen memberitahu bahwa minggu ini kuliah Psikologi Pendidikan ditiadakan?
3.    Apa yang anda rasakan pada 30 menit akhir perkuliahan?
4.    Bagaimanakah anda ditugaskan untuk diskusi kelompok?
5.    Bagaimana perasaan anda saat melakukan perkuliahan secara online?
6.    Apa yang anda rasakan ketika ditugaskan untuk membuat kuesioner online ini?

v Hasil Survey

Pertanyaan ke-1 :

Bagaimanakah anda saat perkuliahan lewat dari waktu yang sudah dijadwalkan?
 Respon
Bosan
Biasa saja
Senang
Responses
Total
Persentase
66.00%
32.00%
2.00%
50
100%

Pertanyaan ke-2 :
Apa yang akan anda rasakan saat dosen memberitahu bahwa minggu ini kuliah Psikologi Pendidikan ditiadakan?
Respon
Bosan
Biasa saja
Senang
Responses
Total
Persentase
3.92%
50.98%
45.10%
50
100%

Pertanyaan ke-3 :
Apa yang anda rasakan pada 30 menit akhir perkuliahan?
Respon
Bosan
Biasa Saja
Senang
Responses
Total
Persentase
27.45%
47.06%
25.49%
50
100%

Pertanyaan ke-4 :
Bagaimanakah anda ditugaskan untuk diskusi kelompok?
Respon
Bosan
Biasa Saja
Senang
Responses
Total
Persentase
6.00%
62.00%
32.00%
50
100%

Pertanyaan ke-5 :
Bagaimana perasaan anda saat melakukan perkuliahan secara online?
Respon
Bosan
Biasa Saja
Senang
Responses
Total
Persentase
9.80%
56.86%
33.33%
50
100%

Pertanyaan ke-6 :
Apa yang anda rasakan ketika ditugaskan untuk membuat kuesioner online ini?
Respon
Bosan
Biasa Saja
Senang
Responses
Total
Persentase
4.00%
52.00%
44.00%
50
100%


v Kesimpulan
Dari Survey yang telah saya lakukan, saya mendapatkan beberapa kesimpulan bahwa :
1.    Tingkat responsibilitas mahasiswa Psikologi USU 2011 terhadap ketepatan waktu perkuliahan dalam mata kuliah Psikologi Pendidikan sangat tinggi. Hal ini dapat kita lihat dari respon mahasiswa pada pertanyaan ke-1, yang menunjukkan bahwa mereka sangat kritis dalam merespon ketepatan waktu tersebut.
2.    Tingkat responsibilitas mahasiswa Psikologi USU 2011 terhadap proses perkuliahan dalam mata kuliah Psikologi Pendidikan tinggi. Hal ini juga dapat kita buktikan berdasarkan hasil survey, yaitu respon mahasiswa pada pertanyaan ke-3, ke-4, ke-5, dan ke-6, kebanyakan memilih pilihan biasa saja atau senang.
3.    Tingkat responsibilitas mahasiswa Psikologi USU 2011 terhadap mata kuliah Psikologi Pendidikan dapat dikategorikan tinggi. Karena banyak mahasiswa yang masih memiliki respon positif yang tinggi yang mengarah pada perkuliahan yang lebih baik.

v Testimoni
Saya senang ditugaskan untuk membuat survey ini, karena saya mendapatkan hal yang baru yang bermanfaat buat saya. Apalagi kedepannya, saya sebagai mahasiswa Psikologi akan lebih banyak membuat survey. Jadi kegiatan ini sangat bermanfaat buat saya.

MUHAMMAD HABIBIE ALMY
(11-004)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;