Susi Farida Silalahi
Fitri Rahayu Silaen
Eva Berahmawati
1.
Persinggungan
antara teknologi dan pendidikan
Teknologi sudah menjadi bagian dari
sekolah selama beberapa decade, tetapi masih belu maksimal dan perubahannya
berjalan lamban. Hal ini disebabkan oleh
Para pengajar tidak terlalu memahami penggunaan teknologi yang diterapkan di
sekolah. Namun, perlu diketahui bahwa penggunaan teknologi dalam memiliki
peranan penting dalam pendidikan. Misalnya saja dalam proses belajar mengajar. Penggunaan
teknologi dalam mempelajari suatu lingkungan yang belum dikenal menghasilkan
pembelajaran yang lebih eksploratif dan interaktif ketimbang hanya membaca buku
atau mendengar paparan deskripsinya dari guru.
2. Penggunaan internet dalam
pendidikan di Indonesia, khususnya di medan
Penggunaan internet di
Indonesia tidak merata. Ada sekolah yang sama sekali tidak mengetahui mengenai
internet. Dan ada sekolah yang memiliki computer dan jaringan internet namun
tidak tahu bagaimana memanfaatkannya. Contohnya penggunaan email, atau
website-website yang seharusnya bermanfaat dalam mengembangkan pengetahuan dan
wawasan guru dan murid. Dan pada saat sekarang ini, internet lebih menonjol di
bidang usaha warnet yang menyediakan game online yang sebenarnya kurang
mendidik.
3.
Ubiquitous
computing, bagaimana kita melihat sebagai mahasiswa yang sedang mempelajari
Psikologi Pendidikan.
Ubiquitous computing adalah penekanan pada
distribusi computer ke lingkungan
ketimbang ke personal. Pada kondisi ini, computer dipaksa untuk eksis di dunia
manusia. Menurut kami, Ubiquitous computing ini merupakan suatu era atau sistem
yang baik, karena kita semakin dimudahkan dalam penggunaan computer dalam
kehidupan sehari-hari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar